Siapa sih yang tidak kenal dengan Toko Roti Orion? Toko Roti yang dikenal dengan Roti Orion Mandarinjn ini sudah berdiri dari tahun 1932, dan termasuk salah satu pusat oleh –oleh yang paling legend di kota Solo yang didirikan oleh pasangan suami istri keturunan China, Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw.

Toko Roti yang melegenda ini menyajikan roti yang cukup terkenal, yaitu Roti  Mandarijn Orion sebagai menu khas utamanya. Secara filosofi, Roti Mandarijn Orion berasal dari dua kata yaitu Mandarijn dan Orion. Menurut pemiliknya Mandarijn memiliki arti priyayi Cina atau bangsawan Cina, sedangkan Orion berarti bintang di langit yang paling terkenal dan mudah dikenali. Makanya Roti tersebut tetap terkenal hingga sekarang.

Bahkan varian Roti Mandarinj tersebut terdiri dari berbagai macam varian, seperti  mandarijn biasa, mandarijn kismis, dan mandarijn spesial. Roti Mandarijn sendiri dibanderol dengan harga mulai dari Rp 75 ribu untuk yang biasa, hingga Rp 180 ribu untuk yang spesial dan berukuran besar dengan tambahan rim butter yang membuat roti ini semakin istimewa.

Untuk berkunjung ke Toko Roti Orion cukup mudah, Toko ini tidak pernah berpindah tempat dari tahun 1932 dan tetap berdiri di Jl. Urip Sumoharjo No 80, Jebres Solo. Lokasinya satu jalur dengan Pasar Gede (Pasar Gede ke Arah Utara). Bangunan Toko Orion masih dengan ciri khas bangunanya  yang jadoel ala Belanda dengan tembok keramik dan kanopi setengah lingkaran berwarna kuning didepannya.

Toko yang Buka dari pukul 07.30 hingga 20.00 ini, selain menjual Roti Mandarinj yang khas juga menjual aneka roti lainnya seperti roti semir, roti Roll-0 dan berbagai macam roti lainnya. Perlu diketahui, bahwa roti orion rata-rata hanya bisa bertahan 5 hari, karena roti ini memang tidak menggunakan bahan pengawet.

Selain roti tersebut diatas, Toko Roti Orion juga menjual berbagai varian kue, makanan kecil, jajanan import, hingga minuman seperti sirup buatan sendiri hingga jajanan masa kecil, sehingga akan mengingatkan kita untuk bernostalgia kembali dimasa lalu. Jadi kalau sedang berkunjung di kota Solo, Toko ini cukup lengkap sebagai toko oleh-oleh di kota Solo

Photo Credit : D Sukmana Adi